Deretan Manfaat Salak Yang Mengejutkan

Salak merupakan salah satu buah yang sangat unik sebab memiliki kulit yang bersisik seperti ular dan juga memiliki rasa yang manis dan sedikit sepet.

Dibalik rasa yang manis dan sepet ternyata salak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya menjaga kesehatan jantung.

Buah salak memiliki kandungan yang sangat banyak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, vitamin, potasium, zat besi, beta karoten, protein, dan kalsium serta kandungan ini dinilai sangat baik.

Buah yang satu ini memiliki banyak varian, namun yang paling terkenal dan banyak digemari di Indonesia yaitu salak pondoh dan salak Bali.

Membantu menjaga kesehatan mata

Salak mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Telah diketahui oleh Kita semua, bahwa kesehatan mata sangat penting maka dari itu untuk menunjang kesehatan mata Anda perlu asupan vitamin A yang baik.

Tidak hanya itu saja salak juga memiliki kandungan lain yang baik untuk tubuh yaitu beta-karoten, dan kandungan ini merupakan salah satu antioksidan yang sangat penting dan dibutuhkan mata.

Menjaga daya tahan tubuh

Menjaga daya tahan tubuh itu sangat penting, sebab kondisi tubuh bisa berada dalam kondisi prima apabila asupan vitamin B dalam sangat memadai dan diperhatikan.

Cek juga:

Sementara itu, salak merupakan salah satu buah yang banyak mengandung vitamin B yang melimpah, dan menjadi salah satu alternatif untuk menjaga daya tahan tubuh.

Melancarkan pencernaan

Tak disangka mengkonsumsi buah salak tanpa membuang kulit arinya dapat membantu untuk melancarkan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

Pasalnya dalam buah salak, baik itu daging buahnya maupun kulit arinya banyak mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan.

Sebagai contoh, serat dalam buah ini dapat membantu mempercepat proses pembuangan zat-zat sisa, racun, dan kandungan lainnya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Selain mencegah sembelit, kandungan tanin pada salak juga mempunyai manfaat sebagai antimikroba alami yang baik untuk usus dan membantu mengatasi gangguan pencernaan.

Menjaga kesehatan jantung

Salak juga baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskuler atau jantung. Buah bersisik ini terdiri dari kandungan kalium, antioksidan, dan mineral yang mempunyai manfaat untuk mengatur kesehatan jantung serta pembuluh darah.

Salah satu fungsi kalium adalah untuk membantu mengirimkan impuls saraf yang mempengaruhi detak jantung. Asupan kalium sangat penting bagi Anda yang memiliki kondisi seperti tekanan darah tinggi, gagal jantung, atau masalah pada detak jantung.

Apalagi salak juga mengandung beta karoten yang merupakan antioksidan untuk membantu mencegah penyakit kardiovaskuler, stroke, dan bahkan kanker.

Meningkatkan kepadatan tulang

Salak memiliki kandungan mineral seperti zat besi dan kalsium pada salak yang mempunyai manfaat untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang serta memperkuat otot dan sendi.

Tak hanya itu, zat besi dan kalsium juga berperan untuk mengatur kekentalan darah serta meningkatkan fungsi saraf di seluruh tubuh. (mantrasukabumi)

0 Comments