Deretan Manfaat Jus Wortel Selain Untuk Kesehatan Mata

Jus wortel adalah minuman sehat yang kaya vitamin C, pro vitamin A dan potasium. Selain itu, jus wortel juga menyediakan pigmen karotenoid lutein dan zeaxanthin yang bertindak sebagai antioksidan pada tubuh.

Kamu perlu minum jus wortel karena dianggap dapat meningkatkan kekebalan dan kesehatan mata dan kulit.

Tak hanya itu, jus wortel juga memiliki manfaat lainnya untuk kamu ketahui.

Dilansir oleh Bang Arshad dari akurat.co beberapa manfaat jus wortel bagi kesehatan:

Meningkatkan kesehatan mata

Salah satu manfaat jus wortel yang paling dikenal adalah menjaga kesehatan mata. Vitamin A yang terkandung pada jus wortel sangat penting bagi kesehatan mata. Dengan rutin mengonsumsi jus wortel, kamu pun akan terhindar dari berbagai risiko penyakit mata seperti degenerasi makula, katarak, hingga kebutaan. Tak hanya itu, kandungan lutein pada wortel juga mampu melindungi mata dari kerusakan cahaya.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin A dan C yang terkandung pada wortel mampu melindungi sel kekebalan dari kerusakan radikal. Wortel juga kaya akan vitamin B6 yang diperlukan untuk mendapatkan kekebatan yang optimal. Kekurangan vitamin B6 sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kekebalan tubuh melemah. Oleh karena itu, rutinlah mengonsumsi jus wortel agar terhindar dari berbagai penyakit.

Memberikan efek anti kanker

Manfaat jus wortel berikutnya adalah mencegah penyakit kanker. Antioksidan di dalam jus wortel dapat membantu menghentikan kerusakan sel, serta memberi perlindungan terhadap berbagai jenis kanker seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan di Harvard University. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti wortel dua kali setiap harinya dapat menurunkan risiko kanker sebesar 17 persen.

Memperkuat fungsi otak

Mengonsumsi wortel setiap hari bisa membantu meningaktkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko terjadinya kepikunan atau demensia. Pasalnya, wortel kaya akan kandungan betakaroten tak hanya dapat mencegah penyakit kanker saja, tapi juga dapat menjaga kesehatan otak.

Menurunkan kolesterol

Wortel merupakan sayuran yang tinggi serat, rendah kalori dan rendah lemak. Serat dalam wortel mampu menghambat lemak dan menurunkan kolesterol dalam darah. Rutin mengonsumsinya setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga dapat mengurangi risiko penyakit stroke dan jantung.

Cek juga:

Selain itu, kandungan kalium yang terdapat dalam wortel dipercaya dapat menyeimbangkan kadar garam (natrium) dalam cairan tubuh sehingga tekanan darah pun akan lebih terkontrol.

Menjaga kesehatan kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan, manfaat wortel lainnya adalah untuk kecantikan. Kandungan vitamn C dalam wortel mampu melembutkan dan mencerahkan kulit. Rutin mengonsumsi jus wortel setiap hari akan membuat kulit tampak lebih bersih dan awet muda.

0 Comments