Nyeri Asam Lambung Hilang Total Berkat Pepaya

Pepaya memiliki khasiat yang mampu jadi obat asam lambung alami, loh.

Bukan main-main, setiap kandungan yang ada di dalam buah pepaya bisa membantu Anda menjadi obat asam lambung alami.

Seperti diketahui, sebagai obat alami, buah pepaya menyediakan beragam nutrisi penting untuk tubuh.

Hal itulah yang membuatnya begitu berkhasiat menjadi obat alami untuk sembuhkan asam lambung.

Penderita asam lambung juga kini tak perlu panik lagi jika tiba-tiba kambuh dan langsung bisa konsumsi pepaya.

Agar semakin yakin, simak dulu apa saja kandungan satu buah pepaya ini.

Dilansir dari Kompas.com yang mengutip Medical News Today, satu buah pepaya berukuran sedang bisa mencukupi 224 persen kebutuhan vitamin C per hari.

Selain vitamin C, pepaya juga mengandung vitamin A, E, K, folat, mineral magnesium, tembaga, antioksidan beta-karoten, lutein, zeaxanthin, dan likopen, kalsium, dan potasium.


Pepaya termasuk buah dengan kadar asam rendah, sehingga bisa dikonsumsi penderita penyakit asam lambung.

Melansir Good Housekeeping, asam lambung bisa kambuh saat penderitanya mengonsumsi gorengan, makanan berpengawet, pedas, asam, kafein, sampai obat-obatan tertentu.

Menjaga gaya hidup sehat dengan menghindari pantangan sekaligus memilih asupan tinggi protein nabati dan rajin mengonsumsi buah dan sayur bisa membantu mengatasi asam lambung secara alami.

Salah satu sayur dan buah untuk penderita asam lambung adalah pepaya.

Enzim papain dalam pepaya dapat membantu melancarkan pencernaan.

Ahli gizi pendiri Top Balance Nutrition AS, Maria Bella, M.S., R.D menjelaskan, enzim dan serat dalam pepaya bisa mengurangi gejala asam lambung naik seperti panas hebat di perut atas sampai dada (heartburn).

Ahli farmasi sekaligus penulis buku The People's Pharmacy, Joe Graedon, lewat situs resminya mengulas manfaat pepaya untuk mengatasi asam lambung telah dikenal sejak ratusan tahun.

Graedon menyebut, studi di The British Medical Journal tertanggal 3 April 1886 mengulas temuan Dr. George Herschell yang memberikan jus pepaya kepada 12 pasiennya.

Dr Herschell memberikan gambaran, pasiennya memiliki keluhan nyeri lambung parah dan asam lambung gampang naik setelah makan.

Dari hasil penelitiannya, setelah diberi jus pepaya 10 pasien gejala penyakit asam lambungnya sembuh total, satu pasien melaporkan kondisinya lumayan, dan satu pasien tidak merasa kondisinya membaik.

Sayangnya, setelah ratusan tahun kini penelitian lanjutan terkait manfaat pepaya untuk asam lambung masih minim.


Kendati masih minim bukti valid, selama tidak alergi dengan getah pepaya, tidak ada salahnya penderita penyakit asam lambung mengonsumsi pepaya.

Selain itu, penderita penyakit asam lambung juga perlu mengelola stres, makan dalam porsi kecil tapi sering, dan menghindari pantangan. 

0 Comments