-->

Wednesday, February 23, 2022

Beragam Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan

Daun sukun merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis dan dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Tanaman ini berasal dari pohon yang memiliki nama latin artocarpus altilis.

Sebagina orang mungkin hanya mengonsumsi buah sukunnya saja yang sangat empuk dan lezat. Namun tahukah Sobat Agri jika daun sukun juga tak kalah bermanfaat loh untuk kesehatan.

Tanaman tersebut memiliki kandungan senyawa seperti polifenol, flavonoid, tanin, kalium, asetikolin, asam amino, riboflavin, esensial dan sitosterol yang ternyata sangat diperlukan untuk tubuh.

Di lihat dari berbagai kandungan yang terdapat di dalam daun sukun, tidak heran jika tumbuhan ini juga memiliki beragam manfaatnya.

Menurunkan asam urat

Asam urat disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar purin yang terlalu tinggi. Untuk menurunkan asam urat daun sukun bisa menjadi obat herbalnya.

Daun ini mengandung flavonoid yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat, serta mengurangi peradangan pada sendi karena memiliki sifat anti-inflamasi. Bagi yang mempunyai penyakit asam urat kalian bisa mengonsumsi air rebusan daun ajaib ini.

Menyembuhkan luka

Sifat antiperadangan, antioksidan dan antibakteri yang terkandung dalam air rebusan daun ini sangat berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Tidak hanya itu, kandungan dari senyawa yang kaya akan alkaloid, tanin, polifenol dan flavonoid juga membantu memacu penyembuhan luka.

Menjaga kadar kolesterol

Bagi kalian yang terlalu sering memakan makanan yang berminyak hati-hati jika terkena kolesterol. Pasalnya, kolesterol yang tinggi bisa memicu penyakit baru lagi pada tubuh.

Maka dari itu, kamu perlu menjaga kolesterol tetap stabil. Caranya dengan mengonsumsi air rebusan daun sukun yang mengandung antioksidan ini. Sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol dengan mengikat kolesterol dari darah kemudian mengeluarkannya lewat urin atau fases.

Mencegah pembesaran limpa

Kerusakan sistem limpa menyebabkan pembesaran limpa karena tubuh mengandung terlalu banyak racun. Faktor penyebabnya adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat sehingga limpa tidak berfungsi dengan baik.

Oleh sebab itu, mengonsumsi air rebusan daun sukun yang dijadikan teh dapat membantu melakukan detoksifikasi dan menghilangkan racun dari tubuh sehingga meringankan limpa. Karena air rebusan tersebut mengandung antitoksin yang memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Meski kandungannya sangat sehat bagi tubuh, bagi Sobat Agri yang memiliki penyakit tertentu atau alergi agar berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yah agar tidak ada efek yang tidak diinginkan. (Sariagri)

Nasi Kebuli Bang Arshad - Nasi Kebuli yang punye aroma dan cita rase yang sangat khas siap untuk memanjakan lidah pemburu kuliner nusatare.

0 comments:

Post a Comment

More Info or Order

Contact Us
Bang Arshad
+62 8190 5555 777
Jakarta, Indonesia