Deretan Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Tidak banyak orang tahu kalau daun jambu biji memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Selain untuk merawat wajah, daun jambu memiliki kandungan tanin yang dapat dimanfaatkan sebagai antibakteri dan antijamur.

Senyawa tanin pada jambu biji itu sebesar 9-12 persen. Kemudian jambu biji juga mengandung banyak minyak atsiri, minyak lemak dan asam malat. Hal ini sebenarnya sudah ada dari zaman dulu Akan tetapi tidak terlalu terkenal karena sudah banyak alternatif yang dipercaya juga untuk merawat wajah.

Namun, masih ada sebagian masyarakat yang paham dan menggunakan daun jambu biji ini. Nah kira-kira apa saja manfaat daun jambu biji dan cara membuatnya? Simak penjelasan berikut ini.

Diambil dari salah satu sumber penelitian yang diterbitkan American journal of Chinese mendicine dan beberapa sumber lain, bahwa daun jambu memiliki kegunaan untuk melawan organisme mikroskopis yang dapat menyebabkan jerawat.

Selain itu, daun jambu biji juga bekerja sebagai agen anti bakteri yang kuat dan menenangkan kulit serta mengurangi munculnya jerawat.

Redakan mencret atau diare

Daun jambu biji yang maish muda bisa digunakan untuk mengobati mencret. Orang-orang tua zaman dulu sudah pada tahu, bila mencret tiba biasanya akan mencari daun muda jambu biji kemudian memakannya langsung bersama garam atau lainnya.

Atasi keriput

Daun jambu biji dipercaya menguntungkan karena memiliki sifat anti kanker dan memiliki kemampuan untuk menghancurkan radikal bebas yang ada di dalam tubuh. daun jambu biji juga dipercaya dapat membantu untuk meningkatkan kualitas kulit dan menghilangkan kerutan.

Mengangkat komedo hitam


Daun jambu biji juga dipercaya bermanfaat menghilangkan komedo secara bertahap dan membasmi komedo sampai keakar-akarnya, sebenarnya Komedo hitam Merupakan tonjolan di area wajah akibat tersumbatnya folikel rambut oleh minyak atau sel kulit mati.

Bintik Hitam dan bintik merah

Dengan jambu biji juga dapat digunakan untuk mengobati noda dan bintik di wajah karena kemampuan nya dapat menghancurkan organisme mikroskopis dan nada kulit. Daun jambu biji juga dapat Menenangkan iritasi kulit.

Meredakan rasa gatal

Kulit yang gatal bisa menimbulkan masalah kulit yang lebih serius jika tidak ditangani dengan cepat, daun jambu biji memiliki Senyawa yang bisa menghambat alergi (antihistamin) sehingga membuat rasa gatal hilang diatasi.

Adapun cara Menggunakannya ialah ambil daun jambu muda lalu di remas-remas setelah itu di aplikasikan ke wajah seperti menggunakan masker, dan bilas hingga bersih. Nah itu dia manfaat daun jambu biji bagi wajah. Semoga bermanfaat. (suara)

0 Comments