Resep Jaga Imunitas Tubuh Dengan Jeruk Nipis Dari dr. Zaidul Akbar

Jeruk nipis memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, beberapa di antaranya menurut dr. Zaidul Akbar adalah menyembuhkan maag, meningkatkan sistem imun, dan menurunkan tekanan darah tinggi. 

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang banyak terdapat di Indonesia dan sering dijadikan sebagai bahan makanan dan minuman.

Buah dengan cita rasa asam dan berwarna hijau ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dilansir PORTAL JEMBER dari Healthline, jeruk nipis merupakan buah yang tinggi antioksidan, vitamin C, dan nutrisi-nutrisi lainnya.

Tingginya vitamin C di dalam jeruk nipis dapat memenuhi 20 persen kebutuhan harian akan vitamin tersebut.


Karena banyaknya nutrisi yang dikandungnya, jeruk nipis memiliki berbagai manfaat atau khasiat bagi kesehatan.

Beberapa di antaranya adalah dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah batu ginjal, dan mengurangi faktor resiko penyakit jantung.

Selain itu, khasiat jeruk nipis juga dapat meningkatkan kesehatan kulit, dan membantu penyerapan zat besi.

Sedangkan menurut dr. Zaidul Akbar, jeruk nipis memiliki khasiat dapat menyembuhkan maag, meningkatkan sistem imun atau kekebalan, dan menurunkan tekanan darah.

Yang perlu diingat adalah jika sudah memiliki tekanan darah, maka hendaknya berhati-hati untuk meminum air jeruk nipis agar tekanan darah tidak semakin drop.

Meskipun begitu, menurut dr. Zaidul Akbar, jeruk nipis masih bisa diminum bagi yang memiliki tekanan darah rendah namun perlu diimbangi dengan menambahkan garam mineral (bukan refinasi) dengan jumlah yang cukup.

"Air jeruk nipis, Sobat sekalian, itu bukan cuman urusan dapat maag-nya hilang lho. Dia akan meningkatkan sistem imun, dia akan memperbaiki tekanan (darah)," ujar dr. Zaidul Akbar, dikutip PORTAL JEMBER dari unggahan kanal YouTube Sobat Herbal pada 15 Agustus 2019.

"Mangkanya banyak orang-orang yang sudah tekanan darahnya rendah, minum begini (jeruk nipis) pasti ngedrop lagi. Biasanya saya cover it up dengan apa? Dengan garam. Jangan takut dengan garam asal garam yang benar, nggak masalah. Tapi tetap hukum garam berlaku, nggak boleh banyak-banyak juga," lanjut dr. Zaidul Akbar.

Dalam sebuah jeruk nipis ukuran sedang (67 gram), kandungan nutrisinya adalah sebagai berikut dilansir dari Healthline.

  • Kalori: 20
  • Karbohidrat: 7 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Serat: 1,9 gram
  • Protein: 0,5 gram
  • Vitamin C: 22 persen dari Referensi Asupan Harian (RDI)
  • Kalsium: 2 persen dari RDI
  • Vitamin B6: 2 persen dari RDI
  • Zat besi: 2 persen
  • Kalium: 1 persen dari RDI
  • Tiamin: 2 persen dari RDI


Selain tinggi vitamin C, jeruk nipis juga mengandung sejumlah kecil potassium, magnesium, fosfor, niasin, riboflavin, dan folat.

Itulah daftar kandungan nutrisi dan khasiat jeruk nipis menurut dr. Zaidul Akbar dan lainnya bagi kesehatan. (Portaljember)

0 Comments