Menurunkan Berat Badan Dengan Kacang Arab

Kacang Arab (chickpea) adalah salah satu jenis kacang yang cukup terkenal di Indonesia.

Biasanya, Kacang Arab ini dijadikan buah tangan bersama kurma dan air zam-zam saat pulang dari ibadah haji atau umrah.

Diketahui, kacang arab sudah dibudidayakan di Timur Tengah sejak ribuan tahun lalu.

Meskipun bentuknya sangat kecil, kacang arab ternyata mengandung bermacam manfaat bagi kesehatan, salah satunya bisa mencegah penyakit jantung.

Sebagaimana dilansir Jurnal Soreang dari Healthline, kacang Arab memiliki kandungan vitamin B6, vitamin C, mangan, dan magnesium.

Beberapa kandungan tersebut berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

1. Bantu Turunkan Berat Badan

Tingginya kandungan serat di dalam kacang Arab mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama, mengurangi nafsu makan, serta mengurangi asupan kalori. Sehingga berat badan dapat turun dengan cepat.

Kacang Arab sangat bisa dijadikan opsi sebagai camilan. Selain menyehatkan, kacang Arab juga memiliki rasa unik, yang membedakan dengan kacang jenis lainnya.

2. Menjaga dan Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat kedua dari kacang Arab yaitu menjaga kesehatan jantung. Magnesium dan kalium yang terkandung dalam kacang Arab berfungsi efektif menjaga kesehatan jantung.

Dua mineral ini mampu mencegah tekanan darah tinggi, yang merupakan penyebab utama penyakit jantung.

Kandungan serat tinggi yang disertai kalium, vitamin C, dan B-6 dalam kacang Arab bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Selain itu, jumlah serat yang tinggi membantu mengurangi jumlah total kolesterol dalam darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Kandungan serat pada kacang Arab juga terbukti mampu mengurangi trigliserida dan kolesterol jahat yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Untuk mendapatkan manfaat kacang arab ini secara optimal, disarankan untuk mengonsumsi kacang jenis ini secara teratur.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Kacang Arab mengandung zat phytochemical yang memiliki sifat antioksidan. Zat ini mencegah sel kanker berkembang biak dan menyebar ke seluruh tubuh.

Kandungan folat dalam kacang Arab juga sangat krusial dalam menghambat pembentukan sel kanker yang disebabkan oleh mutasi DNA.

Kandungan selenium di dalam kacang Arab juga bermanfaat sebagai mineral, yang meningkatkan fungsi enzim hati dan membantu menghilangkan beberapa senyawa penyebab kanker dari tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Kacang Arab diketahui mengandung zat besi, fosfat, kalsium, magnesium, mangan, seng dan vitamin K.

Semua vitamin dan mineral yang telah disebutkan mempunyai peran penting untuk membangun dan menguatkan struktur tulang.

5. Sumber Antioksidan

Manfaat kacang Arab selanjutnya ialah karena kandungan antioksidan. Kandungan fitokimia di dalam kacang Arab mampu bertindak sebagai zat antioksidan yang dapat menurunkan risiko kanker payudara, melindungi dari risiko osteoporosis, serta mencegah menopause dini. (jurnalsoreang)

0 Comments