Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan

Gula Aren merupakan salah satu jenis gula yang paling baik manfaatnya dibandingkan dengan gula pasir. Hal ini karena kandungan kalori pada gula aren jauh lebih sedikit.

Tak hanya itu, gula aren juga memiliki kandungan penting seperti vitamin C, vitamin B1, asam folat, hingga zat besi yang dibutuhkan tubuh.

Oleh sebab itu, mengonsumsi gula aren secara rutin dan teratur dapat menjaga daya tahan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit.

Berikut khasiat rutin mengonsumsi gula aren yang sangat dahsyat untuk kesehatan tubuh, rugi kalau tak mencoba.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat gula aren yang tak kalah penting lainnya ialah meningkatkan kekebalan tubuh. Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah maka akan dengan mudah terserang penyakit.

Sebaliknya, orang yang memiliki kekebalan tubuh yang kuat akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satu cara meningkatkan sistem imunitas tubuh adalah mengonsumsi gula aren.

Kandungan nutrisi penting pada gula aren berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi ini juga berfungsi efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

Meredakan Nyeri Haid

Hampir semua perempuan pernah merasakan nyeri menjelang haid. Kondisi ini karena terjadi kontraksi otot pada rahim yang disebabkan oleh hormon prostaglanindin.

Rasa nyeri tersebut semakin meningkat ketika seseorang hampir mendekati masa menstruasi.


Rasa nyeri saat menjelang haid ini bisa diatasi dengan berbagai cara, salah satunya mengonsumsi makanan atau minuman dengan tambahan gula aren.

Kandungan flavonoid pada gula aren berfungsi efektif untuk meredakan rasa nyeri ketika sedang menstruasi.

Mencegah Radikal Bebas

Manfaat gula aren berikutnya dapat mencegah radikal bebas. Radikal bebas dalam tubuh apabila tidak diimbangi dengan antioksidan, maka dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis dalam tubuh, seperti hipertensi hingga penyakit jantung.

Salah satu cara alternatif yang dapat dilakukan untuk menangkal radikal bebas adalah mengonsumsi gula aren.

Hal ini karena gula aren memiliki kandungan senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Penambah stamina

Mungkin tak terbayangkan bila mengetahui manfaat gula aren bagi kesehatan sebagai salah satu sumber tenaga.

Gula aren memiliki kandungan kalori, yang memang tidak tinggi. Namun, karena kandungan kalori yang tidak tinggi inilah yang menjadi kelebihan dari gula aren.

Meskipun memiliki kalori yang tidak tinggi, gula aren ternyata mampu memberikan tenaga dan energi yang cukup.

Biasanya para pendaki gunung membawa bekal gula aren untuk menambah energi dan tenaga mereka ketika lelah dalam melakukan pendakian.

Mencegah anemia

Gula aren tidak boleh dipandang sebelah mata. Gula aren memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Salah satu khasiat gula aren mampu mencegah terjadinya anemia pada tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat besi pada gula aren yang cukup tinggi.

Meredakan Stres

Banyaknya rutinitas sehari-hari yang harus kita kerjakan terkadang membuat suasana tegang, tidak tenang, dan sering menimbulkan stres.


Kondisi ini jika tidak segera diatasi dapat meningkatkan risiko gangguan depresi.

Salah satu cara alternatif mengatasi kondisi ini ialah menyeduh minuman dengan tambahan gula aren.

Manfaat gula aren bisa meredakan stres karena pemanis ini mampu merangsang hormon bahagia di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan gula aren juga berfungsi efektif untuk menurunkan ketegangan otak.

Mengatasi Darah Rendah

Manfaat gula aren juga dapat mengatasi darah rendah. Seseorang yang memiliki tekanan darah rendah biasanya akan mengalami gejala pusing, mata berkunang-kunang, dan sering merasakan lemah lesu.

Kondisi ini jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti kerusakan otak dan jantung.

Salah satu cara alternatif mengatasi tekanan darah rendah dengan mengonsumsi makanan atau minuman dengan tambahan gula aren.

Saat mengonsumsi pemanis ini, glikogen di hati akan ditransfer menuju hipotalamus.

Hal ini akan mempengaruhi kinerja otak dan kecepatan denyut jantung, sehingga bisa meningkatkan tekanan darah agar tetap bisa beraktivitas dengan optimal. (genpi.co)

0 Comments