Jangan Dibuang!! Menjernihkan Kembali Minyak Goreng Yang Sudah Terpakai

Kebutuhan dapur tak luput dari bahan utama yang bernama minyak. Minyak menjadi salah satu bahan wajib yang harus ada di dapur yang bisa digunakan untuk menumis atu menggoreng. Maka tak aneh jika ada banyak stok minyak yang tersimpan di rak dapur. Sering kali meskipun baru dipakai sekali memasak, minyak goreng sudah terlihat kotor.

Maka itu mau tak mau kita harus menggunakan minyak goreng baru. Namun, apakah Anda tahu jika ada cara mudah untuk menjernihkan kembali minyak goreng bekas memasak? Bahkan hanya dengan menggunakan bahan ini minyak goreng bisa kembali jernih loh!

Cara Mudah Jernihkan Minyak Goreng


Mulai sekarang jangan lagi langsung membuang minyak goreng yang baru dipakai sekali memasak. Sebab kita bisa kembali menjernihkannya lagi loh. Ya, dengan hanya menggunakan bahan ini saja! Caranya cuma dengan menggunakan arang kayu.

Membersihkan Minyak Goreng Pakai Arang


Minyak goreng kadang seringkali kotor karena remahan makanan yang tertinggal. Ada juga yang sudah menghitam karena digunakan berulang kali. 

Caranya, tumbuk dulu arang sampai jadi bubuk halus. Lalu masukkan tumbukan ini ke dalam minyak goreng kotor. Kira-kira 2 - 3 sendok makan untuk 1 liter minyak.

Nantinya bubuk arang ini akan menyerap semua kotoran dalam minyak dan mengendap di bagian bawah.

Diamkan dulu 2 - 3 jam lalu saring deh!


Nantinya, minyak akan tampak lebih bening dan semua kotorannya ikut terbuang bersama bubuk arang.


Dilansir dari Kompas.com, berikut tips membuat minyak goreng bersih kembali.

1. Masukkan sepotong timun ke dalam wajan, goreng dalam minyak yang kotor.

Timun yang digoreng ini berguna untuk menjaga minyak tetap bersih, karena sisa makanan yang mengotori minyak akan menempel ke timun.

2. Bisa juga dengan menggoreng putih telur ke dalam minyak yang kotor.

Kotoran di dasar penggorengan akan menempel ke putih telur ini.

3. Cara lain adalah dengan menggoreng kentang yang sudah dikupas dan dipotong-potong.

Cara ini efektif untuk membuat minyak goreng jernih lagi, sehingga remah-remah dari penggorengan awal tidak mengotori hasil gorengan berikutnya. Selain itu, kentang juga menghilangkan aroma bekas gorengan sebelumnya.

Manfaat Minyak Jelantah


Memiliki minyak jelantah di rumah?


Jangan lagi dibuang ya, sebab bisa memberikan manfaat tak terduga loh. Dilansir dari Nakita, berikut 5 manfaat minyak jelantah dalam kehidupan sehari-hari.

1. Anti lengket panci dan wajan

Panci dan wajan berbahan teflon sudah pasti anti lengket, namun bagaimana dengan panci dan wajan biasa yang lebih murah dan banyak digunakan di rumah-rumah? Seringkali karena tidak berbahan teflon, wajan biasa menjadi lengket saat menggoreng atau menumis bumbu. Daripada menambahkan banyak minyak di masakan, ada trik yang bisa kita lakukan menggunakan minyak jelantah.

Saat baru membeli wajan dan panci bukan teflon, cuci bersih sebelum digunakan, lalu oleskan sedikit minyak jelantah secara merata pada permukannya. Kemudian saat akan dipanaskan, minyak jelantah akan meleleh karena panas dan berkumpul di tengah. Saat itulah kita bisa membuang minyak jelantah tersebut lalu mulai memasak seperti biasa. Wajan dan panci biasa pun seketika berubah menjadi anti lengket.

2. Pelumas pintu

Minyak jelantah nyatanya berfungsi sama baik dengan oli untuk mengatasi masalah engsel pintu yang kerap berdecit. Kita bisa memanfaatkan minyak jelantah untuk mengatasi engsel pintu yang seret. Bisa juga digunakan untuk melumas engsel kabin dapur yang sulit membuka karena mulai berkarat.

3. Mengatasi karat

Manfaat lain dari minyak jelantah adalah mencegah karat pada permukaan logam. Jika kunci atau perkakas dapur lainnya mulai berkarat, kita bisa mengoleskan minyak jelantah. Ini akan mencegah karat bertambah parah sehingga perkakas dapur akan lebih mudah digunakan dan tahan lama.

4. Lampu Minyak

Saat mati lampu dan tidak ada lilin di rumah, kita bisa menggunakan lampu minyak tradisional berbahan bakar minyak jelantah. Jika kita sudah memiliki wadah lampu minyak, maka kita tinggal mengisikan minyak jelantah ke dalamnya. Jika tidak, kita bisa menggunakan botol kaca bekas, lalu melubangi atasnya untuk tempat sumbu. Setelah itu, masukkan minyak jelantah dan pastikan sumbu cukup panjang untuk tercelup dalam minyak. Lampu minyak pun siap untuk digunakan.

5. Pelindung furnitur

Jika banyak furnitur kayu di rumah mulai terlihat kusam, kita bisa menggunakan minyak jelantah untuk mengembalikan kilapnya. Buat campuran minyak goreng bekas dan cuka dengan perbandingan yang sama dan gunakan untuk memoles furnitur kayu. Mengoleskan sedikit minyak jelantah pada permukaan furnitur rotan dengan kain lembut juga akan membantu melindunginya dari retakan. Sehingga kita tak perlu khawatir lagi mengenai perawatan furnitur kayu dan rotan di rumah. (Gridhits)

0 Comments