Beragam Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan Tubuh

Petai China atau yang biasa dikenal dengan lamtoro merupakan salah satu pakan hijaun ternak yang ada di Indonesia. Tanaman ini merupakan tanaman pohon yang termasuk dalam kelompok tanaman leguminosa.

Hijauan ini sangat cocok dipakai untuk pakan penggemukan karena kandungan nutrisinya yang tinggi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi penggemukan.

Namun, tahukah Sobat Agri, petai China tak hanya baik untuk pakan ternak, melainkan juga memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Pasalnya, beberapa zat gizi yang terkandung dalam petai cina dikenal mampu mencegah berbagai penyakit dalam tubuh.

Ini sederet manfaat petai china untuk kesehatan tubuh, seperti dikutip dari berbagai sumber.

Mencegah Diabetes

Sebuah penelitian menunjukan bahwa ekstrak dari polong petai cina dapat menurunkan gula darah. Kandungan flavonoid dalam petai china juga dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Selain itu, kandungan saponin juga dapat menurunkan lipid serta menurunkan respons glukosa darah, sehingga sangat berkhasiat untuk menurunkan gula darah.

Menguatkan Tulang

Kandungan kalsium dan fosfor dalam petai china mampu memberi nutrisi pada tulang. Hal ini memiliki dampak baik untuk kesehatan khususnya untuk menguatkan tulang.

Perlu diketahui, tubuh tidak menghasilkan kalsium, jadi seseorang harus mengandalkan makanan untuk mendapatkan kalsium yang dibutuhkan. Tulang merupakan tempat penyimpanan utama kalsium dalam tubuh. Fosfor juga memainkan peran struktural penting dalam asam nukleat dan membran sel.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Adanya kandungan flavonoid, alkaloid, dan saponin menjadikan petai cina sebagai jenis sayuran yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, saponin akan bertindak sebagai sumber anti bakteri dan anti virus yang dapat mencegah berbagai penyakit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mencegah Masalah Kulit


Sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus dalam petai cina dipercaya ampuh untuk mencegah masalah kulit.Tak hanya itu, petai cina juga mengandung vitamin C yang berguna sebagai antioksidan kulit, sehingga mengurangi kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas terhadap tubuh.

Mengurangi Risiko Kanker

Adanya ekstrak dari biji petai cina dikenal mampu menangkan radikal bebas dan mengurangi risiko serangan kanker. Kandungan flavonoid dalam petai cina juga dapat mencegah sel-sel tubuh berkembang menjadi kanker. (Sariagri)

0 Comments