Manfaat Bawang Dayak Bisa Melawan Radikal Bebas Hingga Osteoporosis

Ada banyak manfaat bawang Dayak bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Berkat manfaatnya tersebut, bawang Dayak bahkan telah digunakan secara turun-temurun sebagai obat tradisional untuk mengatasi sejumlah penyakit.

Bawang Dayak (Eleutherine palmifolia L Merr) adalah jenis bawang yang berasal dari Kalimantan, Indonesia. Bentuknya hampir sama dengan bawang merah, namun lebih pipih.

Bawang Dayak tumbuh subur di daerah yang banyak terpapar sinar matahari. Kendati demikian, bawang ini juga bisa tumbuh dan beradaptasi dengan iklim dan jenis tanah apa pun.

Beragam Manfaat Bawang Dayak

Manfaat kesehatan bawang Dayak dikaitkan dengan senyawa aktif yang dikandungnya, seperti flavonoid, naptoquinon, antrakuinon, alkaloid, saponin, tanin, triterpenoid, dan steroid.

Dikutip dari Alodokter.com, di bawah ini adalah beragam manfaat bawang Dayak bagi kesehatan yang bisa Anda peroleh:

Mencegah infeksi bakteri

Berkat sifat antibakteri yang baik, bawang Dayak dapat mencegah Anda mengalami penyakit akibat infeksi bakteri.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang menyebutkan bahwa ekstrak etanol bawang Dayak mampu melawan bakteri patogen Staphylococcus aureus yang bisa menyebabkan berbagai infeksi, seperti infeksi kulit, sepsis, dan osteomielitis.

Mencegah penyakit diabetes

Bawang Dayak juga bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes. Pasalnya, kandungan eleutherol, eleuthocide A, dan eleutherinoside B yang ada pada bawang Dayak memiliki sifat antidiabetik.


Kandungan tersebut bisa membantu menurunkan kadar glukosa di dalam darah, sehingga Anda juga bisa terhindar dari risiko menderita penyakit diabetes.

Melawan radikal bebas

Kandungan triterpenoid, polifenol, dan flavonoid di dalam bawang Dayak berperan sebagai antioksidan. Kandungan tersebut bisa melawan paparan radikal bebas yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Dengan begitu, risiko Anda untuk mengalami masalah kesehatan, seperti penuaan dini, kanker, dan demensia, bisa menurun.

Menjaga kesehatan tulang

Menjaga kesehatan tulang juga merupakan salah satu manfaat bawang Dayak. Penelitian menyebutkan bahwa ekstrak etanol pada bawang Dayak bisa meningkatkan kepadatan dan bobot tulang. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari risiko menderita penyakit tulang, seperti osteoporosis.

Menjaga kadar kolesterol normal

Bawang Dayak bisa menjaga kolesterol Anda dalam kadar yang normal. Pasalnya, kandungan eleutherinol di dalam bawang Dayak mampu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, dan LDL (kolesterol jahat) di dalam darah.

Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari risiko mengalami sejumlah penyakit berbahaya akibat kolesterol tinggi, seperti penyumbatan arteri, serangan jantung, dan stroke.

Mengobati jerawat

Penelitian menunjukkan bahwa bawang Dayak berpotensi untuk dikembangkan sebagai obat antijerawat. Ini diperoleh dari kandungan etanol bawang Dayak yang terbukti mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat pada kulit, yakni Propionibacterium acne.

Beragam manfaat bawang Dayak di atas sejauh ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, bila Anda ingin menggunakan bawang Dayak sebagai pengobatan berbagai penyakit, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

0 Comments