Manfaat Apel Hingga Menjaga Gula Darah

Mengonsumsi buah apel sangat baik untuk tubuh.

Buah apel sangat mudah ditemui dan banyak dikonsumsi. Buah apel juga sering dijadikan alternatif sarapan karena mengenyangkan.

Selain itu, buah apel juga kaya akan manfaat karena mengandung karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin A, vitamin K, vitamin B1, vitamin E, vitamin B6, vitamin B2, dan potasium.

Karena banyak mengandung mineral dan vitamin yang baik. Lalu, apakah saja manfaat kesehatan yang didapatkan jika mengonsumsi apel secara rutin?

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Karena buah apel banyak mengandung vitamin, terutama vitamin C. mengkonsumsi apel dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan, dan mencegah alergi.

Mencegah Kerusakan Sel

Buah apel ternyata sangat ampuh menangkal radikal bebas, sehingga dapat mencegah kerusakan sel.



Hal ini karena buah apel mengandung polifenol (zat yang mencegah kerusakan sel) dan quercetin (kandungan antioksidan pada buah).

Mencegah Sembelit

Makanlah apel untuk mencegah sembelit.

Buah apel kaya akan serat, oleh karena itu sangat baik untuk mencegah sembelit.

Kandungan apel terdapat pada kulitnya. Jadi, sebaiknya makanlah apel dengan kulitnya agar seratnya dapat diserap oleh tubuh.

Menurunkan Kolesterol

Dalam buah apel juga mengandung pektin, yang bermanfaat menurunkan kolesterol dan dikeluarkan lewat feses.

Mencegah Penyakit Pikun

Dengan memakan buah apel secara ruti dapat mengurangi gejala kepikunan yang diderita saat lanjut usia.

Kandungan quercetin (zat pada tumbuhan yang menangkal radikal bebas) pada apel dapat melindungi sel-sel otak dan juga stres.

Menstabilkan Gula Darah

Dengan mengonsumsi apel dapat menstabilkan gula darah. Buah apel memperlambat pencernaan makanan dan terserapnya glukosa ke dalam aliran darah.

Membuat Paru-paru Lebih Sehat

Mengonsumsi buah apel secara rutin dapat membuat kesehatan paru-paru meningkat. Karena kandungan vitamin C yang meningkatkan fungsi paru-paru. (Bobo.id)

0 Comments