Khasiat Cuka Apel Untuk Kesehatan Tubuh

CUKA sari apel telah dikenal khasiatnya untuk kesehatan. Adapun cuka terbuat dari sari apel yang difermentasikan. Penggunaan cuka sari apel untuk obat maupun bahan makanan sudah dilakukan sejak ratusan tahun.

Setidaknya, ada enam khasiat kesehatan yang direkomendasikan peneliti dari cuka sari apel.

Kaya zat menyehatkan

Cuka sari apel dibuat melalui dua proses. Pertama, apel yang telah dihancurkan ditambahkan dengan ragi. Lalu, kandungan gula dalam apel berubah menjadi alkohol. Kemudian, penambahan bakteria yang memfermentasi alkohol dan merubahnya menjadi asam asetat.


Asam asetat yang menjadi komponen utama cuka memberikan aroma dan rasa masam yang kuat. Para peneliti percaya cuka sari apel yang mengandung 5-6 asam asetat bermanfaat untuk kesehatan.

Cuka sari apel yang tidak disaring juga mengandung zat yang disebut 'ibu'. Adapun ibu cuka ini terdiri dari protein, enzim dan bakteri baik yang membuat tampilan cuka menjadi keruh.

Membantu membunuh bakteria berbahaya

Cuka dapat membunuh bakteri patogen. Masyarakat sudah lama menggunakan cuka untuk membersihkan dan membasmi kuman, seperti jamur kuku, kutu, kutil dan infeksi telinga.

Bahkan, bapak kesehatan moderen, Hipokrates, telah menggunakan cuka untuk membersihkan luka sejak dua ribu tahun lalu. Cuka juga dikenal sebagai pengawet makanan. Berdasarkan penelitian, cuka bisa menghambat pertumbuhan bakteri E. coli yang dapat membuat makanan basi.

Menurunkan kadar gula darah dan mengatur diabetes

Cuka diyakini kuat bisa membantu pasien diabetes tipe 2, yang memiliki ciri kadar gula darah tinggi. Tingginya kadar gula darah bagi pasien diabetes tipe 2 disebabkan resitensi insulin atau ketidakmampuan memproduksi insulin.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cuka mampu menambah sensitivitas insulin antara 19-34%. Ketika seseorang makan makanan yang tinggi karbohidrat. Sementara itu, cuka mampu menurunkan 31,4% kadar gula darah di antara lima orang sehat, setelah memakan 50 gram roti putih.

Membantu menurunkan berat badan

Khasiat cuka untuk menurunkan berat badan dapat dimungkinkan. Sebab, cuka dapat meningkatkan rasa kenyang. Sehingga, orang tersebut akan mengonsumsi sedikit kalori.

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi cuka bersama makanan tinggi karbohidrat membuat seseorang makan 200-275 kalori lebih sedikit seharian.

Penelitian lain yang mengambil sampel 175 orang dengan obesitas, menunjukkan konsumsi cuka sari apel setiap hari dapat mengurangi berat badan dan merampingkan lemak di perut.

Konsumsi 1 sendok makan (15 ml) cuka sari apel bisa mengurangi 1,2 kg. Sementara itu, mengonsumsi 2 sendok makan (30 ml) dapat menurunkan berat hingga 1,7 kg. Namun, perlu dicatat bahwa hasilnya baru akan terlihat selama 3 bulan lebih.

Meningkatkan kesehatan kulit

Sari cuka apel sudah umum dipakai untuk mengatasi kondisi kulit yang kering maupun eksim. Penggunaaan sari cuka apel dapat menyeimbangkan pH kulit secara alami.

Untuk mengatasi eksim, sari cuka apel sebagai antibakterial dapat mencegah infeksi kulit. Ini lebih baik ketimbang menggunakan sabun alkalin maupun pembersih, yang justru memperparah kondisi.

Meski cuka sari apel banyak mengandung khasiat untuk kesehatan, penggunaan yang berlebih juga membahayakan. Bahkan, konsumsi cuka tidak direkomendasikan terhadap kondisi tertentu, seperti maag dan masalah ginjal. (Media Indonesia)

0 Comments