Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan Tubuh

Daun binahong diketahui memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Namun, jarang yang mengetahui, bahkan masih asing dengan tanaman ini.

Binahong merupakan tumbuhan yang biasa merambat di tembok atau pagar. Daun ini memiliki banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat.

Secara internasional, daun ini dinamakan Heartleaf maderavine madevine karena bentuknya yang menyerupai tanda hati. Anda bisa menemukannya di beberapa negara seperti Korea Selatan, China, Madagaskar, dan Indonesia.

Daun ini sudah digunakan sebagai tanaman herbal sejak lama di seluruh dunia. Tiap bagian tanaman binahong bisa digunakan sebagai obat, tapi orang biasanya memanfaatkan daunnya.

Masyarakat meyakini bahwa daun binahong mengandung banyak hal yang baik untuk kesehatan.

Melansir dari DrHealthBenefits, kandungan daun binahong terdiri dari saponin, minyak atsiri, alkaloid, asam askorbat, antioksidan, asam oleanolic, mono poliksarida, polifenol, L-arabinosa, L-rhamnose, D-glukosa, D-Galaktose, Flavonoid dan Protein.

Itulah alasan mengapa daun binahong dipercaya sebagai obat herbal. Ada pula beberapa manfaat daun binahong yang telah dirangkum oleh Medcom.id.

Tingkatkan nafsu Makan

Manfaat kesehatan dari mengkonsumsi daun binahong adalah untuk meningkatkan nafsu makan. Rebus lima lembar daun binahong dalam dua gelas air. Anda harus meminumnya setidaknya sekali sehari maka Anda akan mendapatkan hasil yang baik.

Akan tetapi, perlu diketahui Anda tidak boleh mengonsumsi daun yang terlalu tua dan terlalu muda. Sebaiknya, pilih daun nomor empat dan tujuh secara berurutan dari atas.

Jangan simpan daun binahong di dalam lemari es atau dipanaskan kembali karena akan merusak senyawa tersebut.

Simpanlah di dalam drawer atau tempat bersuhu ruangan.

Dan yang terpenting, jangan terlalu banyak mengonsumsinya. Jika Anda berlebihan mengonsumsinya, itu akan merusak hati dan ginjal Anda. Jadi, tetaplah sehat dan selalu konsultasikan dengan dokter Anda.

Menyembuhkan penyakit paru-paru

Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki tanggung jawab terhadap sistem pernapasan. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk melindungi paru-paru. Jika paru-paru Anda sakit, daun binahong bisa jadi solusi obat herbal.


Caranya, ambil 10 helai dan rebus hingga matang. Pastikan untuk mengonsumsinya setidaknya sekali sehari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Menyembuhkan luka

Daun binahong mengandung minyak atsiri dan asam arkobat yang dapat membantu menyembuhkan luka. Caranya, Anda harus menumbuknya sampai halus lalu mengoleskannya ke luka Anda. Ini dapat membantu Anda menyembuhkan hampir setiap luka. Tapi, jika lukanya cukup parah, luka harus dibalut dengan perban setelah dioleskan daun binahong untuk melindungi luka dari bakteri.

Membantu menstruasi

Beberapa wanita merasa menderita ketika mengalami masa menstruasi. Ada banyak sekali ramuan yang dapat menjadi obat pereda sakit, salah satunya yang berbahan dasar daun binahong. Ambil tiga helai lalu rebus di dalam air hingga matang. Pastikan untuk mengonsumsinya setidaknya sekali sehari.

Pasca bedah

Daun binahong merupakan salah satu ramuan yang direkomendasikan bagi Anda yang ingin cepat sembuh setelah melalui operasi. Rebus 20 lembar daun binahong dalam 3 gelas air. Anda harus meminumnya minimal sekali sehari agar cepat sembuh.

Perawatan kulit

Manfaat kesehatan lain dari binahong adalah untuk merawat kulit. Daun binahong mengandung antioksidan yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat dan mencegah penuaan. Tumbuk hingga halus dan oleskan pada wajah Anda. Ini akan membantu Anda merawat kulit dan bagi yang memiliki lesung pipit, ini akan membantu Anda menyembuhkannya.

Menyembuhkan wasir

Bagi yang menderita wasir, Anda dapat mengonsumsi daun binahong sebagai salah satu pilihan pengobatan Anda.

Resepnya, Anda harus mengambil minimal 16 lembar daun binahong untuk direbus.

Rebus dalam 3 gelas air dan tunggu hingga matang, hingga ramuannya hanya bisa memenuhi 1 gelas. Anda harus meminumnya setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Menyembuhkan penyakit ginjal

Untuk mengatasi penyakit ginjal, Anda bisa mencoba mengonsumsi ramuan yang terbuat dari daun binahong. Ambil 10-15 lembar daun binahong dan rebus dalam 1 gelas air. Minumlah tiga kali sehari. Tapi, ingatlah bahwa ramuan ini hanya untuk rangsangan. Tetap saja, Anda perlu berkonsultasi ke dokter.

Meningkatkan tekanan darah

Anda dapat meningkatkan tekanan darah dengan mengonsumsi sesuatu yang mengandung mineral di dalamnya. Salah satunya adalah ramuan yang terbuat dari daun binahong. Ambil delapan buah dan rebus dalam dua gelas air. Pastikan untuk mengonsumsinya setidaknya sekali sehari.

Menyembuhkan sakit perut

Sakit perut dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya akibat waktu makan yang tidak disiplin. Saat Anda telat makan, itu dapat menyebabkan sakit perut karena sistem pencernaan Anda tidak bekerja tepat waktu.

Untuk mengobatinya, Anda bisa mencoba tanaman herbal. Salah satunya adalah daun binahong. Daun binahong banyak mengandung bahan bagus yang bisa menenangkan sakit perut.

0 Comments