Teh Serai Sebagai Pengendali Hipertensi, Kolesterol, dan Masih Banyak Manfaat Lainnya

Serai adalah tanaman bertangkai yang memiliki aroma lemon segar dan rasa jeruk. Sering sering digunakan sebagai bahan masakan Thailand dan pengusir serangga.
Salah satu cara paling populer untuk menikmati serai adalah dengan teh. Berikut manfaat teh serai untuk kesehatan tubuh.

Memiliki sifat antioksidan

Serai mengandung beberapa antioksidan yang dapat membantu membersihkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit.

Memiliki sifat antimikroba

Teh serai dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang berkat sifat antimikroba yang dimilikinya.

Memiliki sifat anti-inflamasi

Dua senyawa utama dalam serai, citral dan geranial, diyakini memiliki manfaat anti-inflamasi yang bisa membantu menghentikan peradangan tertentu.

Mengurangi risiko kanker

Serai juga dianggap memiliki kemampuan antikanker yang manjur dalam melawan beberapa sel kanker dan meningkatkan sistem kekebalan sehingga tubuh lebih mampu melawan kanker.

Menyehatkan pencernaan

Secangkir teh serai adalah obat alternatif untuk sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya, seperti tukak lambung.

Bekerja sebagai diuretik

Dalam dunia kesehatan alami, serai dikenal sebagai diuretik yang membuat lebih sering buang air kecil, sehingga bisa membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium. Diuretik sering diresepkan jika mengalami gagal jantung, gagal hati, atau edema.

Mengurangi hipertensi

Mereka yang minum teh serai lebih mudah mengalami penurunan hipertensi. Namun, bagi penderita masalah jantung sebaiknya menggunakan serai secukupnya saja untuk membantu menghindari penurunan detak jantung yang berbahaya.

Mengatur kolesterol

Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Ekstrak minyak serai terukti membantu menurunkan kolesterol pada hewan.

Jadi, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk melihat apakah teh serai memiliki efek yang sama dengan minyak serai.

Membantu menurunkan berat badan

Teh serai bisa digunakan sebagai teh detoks untuk meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Karena serai adalah diuretik alami, meminum teh serai cukup banyak akan membuat berat badan turun beberapa kilogram.

Meringankan gejala PMS (Premenstrual syndrome)

Teh serai digunakan sebagai obat alami untuk kram menstruasi, kembung, dan hot flashes. Khasiat teh serai bisa menenangkan perut. (Lingkarmadiun)

0 Comments