Daun Sirsak Untuk Paru Paru

Buah sirsak merupakan salah satu jenis buah yang populer di Indonesia. Pohon buah sirsak pun banyak tumbuh di Indonesia, sehingga buah ini sangat mudah ditemukan di pasaran. Buah dengan cita rasa asam menyegarkan ini sering kali dibuat menjadi berbagai macam minuman. Seperti minuman jus maupun ditambahkan ke dalam sup buah dengan berbagai jenis buah lainnya.
Bukan hanya buahnya, daun sirsak ternyata juga bisa dikonsumsi. Jika buah sirsak diolah menjadi minuman segar, daun sirsak biasanya dikonsumsi sebagai obat herbal yang dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Mulai dari mengatasi masalah diabetes, kadar kolesterol tinggi, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara efektif.

Di samping itu, ada pula manfaat daun sirsak untuk paru-paru yang tidak kalah menarik. Dalam hal ini, daun sirsak mempunyai beberapa kandungan nutrisi yang dipercaya dapat membantu mengatasi gangguan paru-paru. Jika Anda mempunyai kondisi kesehatan yang berhubungan dengan paru-paru, konsumsi daun sirsak ini bisa menjadi alternatif pengobatan yang bisa dicoba.

Meskipun begitu, Anda juga perlu mengetahui berbagai efek samping yang bisa ditimbulkan. Beberapa efek samping ini bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum mencoba konsumsi daun sirsak sebagai obat herbal. Hal ini dilakukan tidak lain untuk mencegah berbagai kondisi buruk yang bisa terjadi setelah Anda mengonsumsi daun sirsak.

Melansir dari beberapa sumber, berikut kami merangkum manfaat daun sirsak untuk paru-paru dan berbagai informasi penting lainnya yang perlu Anda ketahui.

Sebelum mengetahui manfaat daun sirsak untuk paru-paru, perlu diketahui terlebih dahulu manfaat kesehatan daun sirsak secara umum. Diketahui, daun sirsak mempunyai kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, folat, kalium, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, fruktosa, dan protein.

Bukan hanya itu, daun sirsak juga mempunyai kandungan senyawa fitokimia yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti senyawa streorid, alkaloid, saponin, tannin, flavonoid, dan glikosida. Berikut beberapa manfaat daun sirsak bagi kesehatan yang perlu diketahui:

Mengatasi kanker

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan yang pertama yaitu dapat membantu pengobatan kanker. Dalam hal ini, kandungan acetogenin bekerja membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, kandungan ini juga dapat menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi Adriamycin. Ini bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan herbal yang patut dicoba untuk para penderita kanker. Namun sebelum mencoba, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar dapat disesuaikan dengan kondisi kesehatan yang ada.

Mengatasi diabetes

Manfaat daun sirsak diketahui juga dapat mengatasi penyakit diabetes. Manfaat ini didapatkan dari kandungan antioksidan di dalamnya, seperti senyawa saponin, bioflavonoid, dan polifenol.

Beberapa kandungan senyawa ini dapat membantu menyeimbangkan jumlah kadar gula darah secara efektif. Selain itu, kandungan antioksidan ini juga dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan radikal bebas yang bisa menjadi pemicu berbagai maca penyakit.

Membantu mengontrol kadar kolesterol

Manfaat daun sirsak berikutnya dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dengan baik. Manfaat ini tentu sangat baik untuk orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas.

Dalam hal ini, beberapa kandungan pada daun sirsak dinilai dapat membantu mengurangi kadar kolesterol yang berlebihan dalam tubuh. Tentu ini menjadi salah satu faktor pendukung untuk menurunkan berat badan, bagi para penderita obesitas.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tentu saja dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat ini pastinya didapatkan dari berbagai senyawa antioksidan yang dapat menangkal senyawa radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Jika dibiarkan radikal bebas ini dapat memicu berbagai penyakit kronis yang mengancam kesehatan.

Manfaat Daun Sirsak untuk Paru-Paru
Berikutnya manfaat daun sirsak untuk paru-paru. Diketahui, daun sirsak memiliki kandungan acetogenin yang mampu menghambat perkembangan virus penyebab penyakit paru-paru. Ini bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan herbal yang bisa dikonsumsi oleh orang dengan gangguan kesehatan paru-paru. Dalam hal ini, daun sirsak biasanya direbus kemudian dengan air gelas hingga matang dan tersisa 1 gelas, kemudian diminum secara rutin.

Cara Mengolah Daun Sirsak

Setelah mengetahui manfaat daun sirsak untuk paru-paru dan khasiat kesehatan lainnya, berikutnya Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mengolah daun sirsak dengan baik untuk dijadikan obat herbal. Dalam hal ini, Anda cukup mengambil beberapa lembar daun kering dan air bersih untuk direbus dan dijadikan minuman herbal. Berikut cara mengolah daun sirsak yang bisa Anda praktikkan.

Bahan yang diperlukan:

- 5 hingga 7 lembar daun sirsak kering
- Satu Liter Air

Cara merebus daun sirsak yang benar: 

Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan daun sirsak satu per satu, kemudian kecilkan api kompor

Biarkan selama 10 hingga 20 menit.

Setelah air mendidih, matikan kompor dan tuangkan air rebusan ke dalam teko atau gelas.

Biarkan air rebusan dingin, setelah itu minumlah sehari 3 kali.

Rebusan daun sirsak ini hanya boleh dikonsumsi selama 7 hingga 8 jam saja.

Efek Samping Daun Sirsak

Setelah mengetahui manfaat daun sirsak untuk paru-paru dan cara Mengolahnya, terdapat beberapa efek samping yang perlu Anda perhatikan sebelum mencoba konsumsi rebusan daun sirsak. Diketahui, mengonsumsi daun sirsak secara berlebihan bisa menyebabkan kerusakan saraf dalam jangka panjang.

Lebih lanjut, kondisi ini bisa menimbulkan gangguan pada kendali gerak tubuh dan halusinasi. Kondisi ini juga mempunyai kemungkinan menimbulkan beberapa gejala yang mirip dengan penyakit Parkinson.

Selain itu, terdapat beberapa kondisi yang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi rebusan daun sirsak. Hal ini dikaitkan dengan berbagai risiko yang dapat muncul ketika diabaikan. Berikut beberapa kondisi kesehatan yang tidak dianjurkan mengonsumsi daun sirsak:

Sedang menjalani pengobatan untuk diabetes atau tekanan darah tinggi.
Memiliki tekanan darah atau kadar trombosit yang rendah.

Hendak menjalani pemeriksaan pencitraan dengan teknologi nuklir (nuclear imaging).
Menderita penyakit Parkinson, gangguan ginjal, atau gangguan hati.

Ibu hamil dan menyusui juga sebaiknya tidak mengonsumsi rebusan daun sirsak. Dalam hal ini, perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencobanya, sehingga tidak meningkatkan berbagai risiko buruk yang dapat terjadi. (Merdeka.com)

0 Comments