Bahaya Komsumsi Santan Secara Berlebihan

Santan merupakan salah satu bahan campuran dalam makanan, apalagi pada saat Puasa Ramadhan bahan campuran ini sering digunakan.

Santan sering ditemukan dalam olahan seperti kolak, opor ayam, rendang, sayur lodeh, bahkan sering dijadikan bahan pelengkap dalam minuman seperti es dan lain-lain.

Namun, Anda perlu hati-hati dengan santan ini, apalagi sering dikonsumsi yang dicampurkan dalam setiap olahan, ternyata santan ini memiliki bahaya bagi kesehatan salah satunya dapat menimbulkan stroke ringan.

Tidak hanya sebabkan risiko stroke ringan ternyata sering konsumsi santan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan lima bahaya lain untuk kesehatan tubuh.

Dirangkum mantrasukabumi.com dari berbagai sumber ternyata ini lima bahaya yang ditimbulkan dari sering mengkonsumsi santan berlebih.

Kolesterol

Dalam santan kelapa ini mengandung lemak jenuh yang sangat berlimpah, dan tentunya hal ini sangat berbahaya jika terlalu banyak mengkonsumsinya.

Lemak jenuh yang terdapat dalam santan, diyakini dapat menyebabkan kolesterol tinggi, ternyata dalam satu cangkir santan mengandung 40 gram lemak, oleh karena itu santan ini mengandung lemak yang sangat tinggi dan hal ini dapat menyebabkan kolesterol.

Bagi Anda yang memiliki risiko kolesterol tinggi serta penyakit kardiovaskular, harus berhati-hati dan bisa menahan diri agar tidak terlalu banyak menyantap makanan yang mengandung santan terutama disaat bulan puasa.

Tekanan darah tinggi dan gangguan jantung

Bahaya kedua yang ditimbulkan untuk kesehatan tubuh Anda dari sering konsumsi makanan yang mengandung santan yaitu meningkatnya tekanan darah tinggi (hipertensi).

Hal ini disebabkan dari jumlah santan berlebih yang bisa memicu peningkatan kadar trigliserida dalam tubuh, yang mana ini merupakan salah satu jenis lemak yang berguna sebagai cadangan energi tubuh.

Apabila tekanan darah tinggi dibiarkan oleh Anda, ini bisa berdampak pada penyumbatan arteri serta pembuluh darah.

Apalagi jika santan dimasak dalam suhu tinggi dan berulang-ulang, dan hal ini memicu penumpukan lemak jahat dalam santan maka hal ini akan menyebabkan peningkatan risiko gangguan jantung.

Kenaikan berat badan

Sebagaimana dikutip dari Style Craze, Anda harus berhati-hati, apabila sering konsumsi santan berlebihan ini bisa menggagalkan diet yang dilakukan, serta menyebabkan kenaikan berat badan.

Dalam satu cangkir santan mengandung 440 kalori, ternyata terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung santan ditambah dengan makanan yang banyak mengandung karbohidrat tinggi ini perpaduan yang sempurna untuk menaikkan berat badan.

Stroke Ringan

Santan merupakan salah satu bahan campuran makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan hal ini bisa membahayakan kesehatan.

Stroke ringan ini terjadi dari akibat adanya pengendapan lemak jahat di dalam tubuh, sehingga hal ini bisa menyebabkan penyumbatan aliran darah dan pembuluh arteri.

Maka saat banyak mengkonsumsi santan ini harus diimbangi dengan mengonsumsi mineral dan cairan yang cukup, maka, kondisi ini akan menyebabkan stroke ringan. Sedangkan pada lansia, kondisi ini bisa menyebabkan stroke berat.

Munculnya Jerawat

Ternyata sering mengkonsumsi santan itu selain memiliki bahaya untuk kesehatan tubuh, ternyata juga dapat mempengaruhi kecantikan, sebab terlalu banyak memakannya dapat menimbulkan jerawat.

Apalagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, sebab hal ini sangat rentan serta lebih sensitif, sebab terlalu banyak mengkonsumsi santan kelapa yang berlebih.

Sebab kandungan lemak yang terdapat dalam santan, ini bisa meningkatkan kadar minyak alami yang terdapat di bawah kulit sehingga menyebabkan mudah terkontaminasi lemak jenuh, dan hal ini menyebabkan pori-pori menyumbat, selain itu dapat meningkatkan jumlah komedo, dan yang paling parah yaitu dapat memicu munculnya jerawat. (Mantrasukabumi)

0 Comments