-->

Wednesday, July 21, 2021

Tongseng Tanpa Santan Jadi Variasi Menu Olahan Daging Kambing Saat Idul Adha Di Rumah Saja
Momen Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban yakni sapi dan kambing yang dapat diolah menjadi berbagai resep masakan.

Salah satu resep masakan yang cocok untuk menu masakan Idul Adha bersama keluarga di rumah adalah tongseng kambing tanpa santan.

Meski Idul Adha tahun ini dirayakan di tengah suasana PPKM Darurat, Anda bisa mencoba untuk menyantap resep tongseng kambing tanpa santan sebagai menu sarapan.

Masakan tongseng kambing tanpa santan sangat cocok bagi Anda yang mengalami alergi atau masalah pencernaan ketika mengonsumsi menu yang mengandung santan.


Selain itu, tongseng kambing tanpa santan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan selain memiliki cita rasa yang lezat.

Akan tetapi, Anda harus menyiapkan berbagai bahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan resep tongseng kambing tanpa santan yang enak.

Berikut resep tongseng kambing tanpa santan yang patut Anda coba dan cocok untuk menu Idul Adha sebagaimana dilansir Kabar Besuki dari YouTube Dapur Kristia.

Bahan yang dibutuhkan:

- 500 gram daging kambing
- 1 sendok teh lada
- 7 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 ruas kunyit
- 3 butir kemiri
- Kecap manis secukupnya
- Gula merah secukupnya
- Garam secukupnya
- Kaldu bubuk
- Lengkuas
- Batang serai
- 2 lembar daun jeruk
- 2 lembar daun salam
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- Minyak secukupnya
- 1 batang daun bawang
- 1 buah tomat
- Cabe rawit secukupnya
- Kol secukupnya

Cara membuat:

Haluskan bumbu, kemiri, kunyit, dan bawang putih. Potong kecil-kecil ketiga bahan tersebut agar lebih mudah saat dihaluskan. Lalu haluskan hingga benar-benar halus.

Siapkan wajan di atas kompor menyala dan tuangkan minyak secukupnya, lalu tunggu hingga minyak panas.

Masukkan bumbu halus ke wajan dengan minyak yang telah dipanaskan. Tumis bumbu tersebut, kemudian tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai.

Tumis bumbu dan bahan-bahan tersebut hingga matang, setelah itu masukkan daging kambing ke dalam wajan lalu aduk hingga tercampur merata. Lakukan terus dan tunggu hingga berubah warna.


Tambahkan air secukupnya agar daging terasa empuk. Kemudian, tambahkan kecap manis secukupnya beserta gula merah, garam, dan kaldu bubuk. Aduk bahan-bahan tersebut hingga tercampur merata.

Tunggu hingga airnya menyusut dan daging empuk. Cukup sekali aduk agar daging matang dengan merata.

Setelah air menyusut, masukkan kol dan cabe rawit ke dalam wajan. Masak sebentar hingga kol layu.

Masukkan tomat dan daun bawang ke dalam wajan, kemudian aduk hingga tercampur merata.

Masakan tongseng kambing tanpa santan siap disajikan.

Nah, itulah tadi resep tongseng kambing tanpa santan yang sangat cocok untuk menu sarapan bersama keluarga di momen Idul Adha. Selamat mencoba dan semoga berhasil. (kabarbesuki)

Nasi Kebuli Bang Arshad - Nasi Kebuli yang punye aroma dan cita rase yang sangat khas siap untuk memanjakan lidah pemburu kuliner nusatare.

0 comments:

Post a Comment

More Info or Order

Contact Us
Bang Arshad
+62 8190 5555 777
Jakarta, Indonesia