Menu Buka Puasa Aman Bagi Penderita Diabetes

Orang yang mengidap diabetes harus berhati-hati selama melaksanakan puasa di bulan Ramadhan. Pasalnya, kadar gula darah bisa tidak stabil dan membahayakan pasien.

Nah, untuk menjaganya, ada beberapa menu buka puasa yang aman untuk penderita diabetes:

Hindari makanan berlemak

Asupan lemak jenuh sebaiknya tidak lebih dari 7 persen dari asupan total.

Sumber lemak trans sendiri berasal dari makanan kemasan, makanan yang dipanggang, dan margarin juga patut dikurangi.

Pengidap diabetes sebaiknya mengonsumsi lemak sehat, misalnya yang mengandung asam lemak Omega 3, seperti ikan sarden, salmon, tuna, dan tenggiri, minyak zaitun, atau biji chia, walnut, dan biji rami.

Pilih karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks, seperti roti gandum utuh dan nasi merah, memiliki indeks glikemik rendah yang mampu menurunkan gula darah ketimbang nasi putih, roti non gandum, dan kentang.

Tidak hanya itu, karbohidrat kompleks juga mengandung serat lebih tinggi, sehingga bisa membuat kita kenyang lebih lama dan membantu menurunkan gula darah.

Batasi konsumsi gula

Kafein dapat mengurangi sensitivitas insulin, sehingga memperlambat tubuh untuk mengurangi kadar gula darah.

Untuk pilihan yang lebih aman, pengidap diabetes disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi air putih ketimbang pilihan minuman lainnya.

Lengkapi dengan asupan serat

Melansir Tribunnews, Diabetes and Ramadan Practical Guidelines 2021 menyarankan serat yang harus dikonsumsi oleh penyandang diabetes sekitar 20-35g/hari atau 14g/1000 kkal.

Untuk itu, pengidap diabetes dapat mengonsumsi buah-buahan tinggi serat untuk menu berbuka, seperti apel, pisang, jeruk, dan stroberi.

Sedangkan untuk makanan utama, kita dapat mengudap sayur-sayuran yang tinggi serat, seperti bayam, brokoli, kubis brussel, dan asparagus, buncis, dan wortel. (nova.id)

0 Comments