Masih Menjadi Primadona Di Bulan Suci Ramadhan, Ini Deretan Manfaatnya

Kolang-kaling adalah primadona di bulan puasa. Buah ini sering dicampurkan dengan berbagai makanan untuk berbuka.

Namun siapa sangka, kolang-kaling atau buah atap yang berasal dari biji pohon aren ini kaya akan manfaat. Buahnya yang berbentuk pipih dan berwarna putih tersebut memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan.

Berikut manfaat tak terduga dari kolang-kaling yang tak banyak diketahui. Simak yuk!

Memperkuat Tulang

Jika dalam 100 gr susu mengandung 125 mg kalsium, kolang-kaling juga tak kalah lho! Kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium per 100 gr. Hal tersebut menunjukan bahwa kolang-kaling memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, Ladies.

Selain itu, kolang kaling juga memiliki kandungan fosfor yang juga sangat baik untuk tulang. Dalam 100 gram kolang-kaling, kamu bisa mendapatkan 243 fosfor untuk kesehatan tulang.

Memperlancar Sistem Pencernaan

Setiap 100 gram kolang-kaling mengandung sekitar 1,6 gram serat kasar atau serat tidak larut. Sesuai dengan namanya, serat ini tidak bisa larut di dalam cairan, Ladies. Sehingga serat tidak larut dapat mendukung pergerakan sistem pencernaan dan meningkatkan massa feses.

Selain itu, kandungan senyawa galactomanan pada kolang-kaling juga dapat mempengaruhi kadar serat pangan yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh, seperti mengurangi risiko stroke, hipertensi, diabetes dan penyakit hati.

Mencegah Dehidrasi

Kandungan airnya yang banyak dalam kolang-kaling dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Apalagi disaat bulan puasa, Ladies. Buah ini dapat mengisi kembali mineral dan nutrisi yang hilang karena kolang-kaling memang memiliki kadar air yang relatif tinggi.

Belum lagi kandungan vitamin dan berbagai mineral di dalamnya yang menjadikan kolang-kaling mampu membantu mencegah dehidrasi dalam tubuh kamu. Seperti yang diketahui, tetap terhidrasi atau mempertahankan jumlah cairan dalam tubuh tentunya sangat penting bagi setiap orang.

Meredakan Kemerahan dan Mencegah Penuaan

Kolang-kaling ternyata juga baik untuk kecantikan kulit lho! Sifat anti inflamasi yang terkandung dapat membantu meredakan kemerahan pada kulit yang terbakar matahari dan sangat baik untuk pemilik kulit sensitif.

Minuman yang terbuat dari kolang-kaling juga aman untuk merawat radang kulit, baik bagi bayi baru lahir, anak-anak, maupun orang dewasa. Buah aren ini juga kaya akan kandungan senyawa galactomannan, yaitu sejenis gula polisakarida yang dipercaya memiliki khasiat anti-penuaan, Ladies.

Mencegah Anemia Karena Kekurangan Zat Besi

Kolang-kaling juga memiliki kandungan zat besi, Ladies. Zat besi sendiri merupakan komponen dari hemoglobin, yang berfungsi memastikan pasokan oksigen ke berbagai jaringan tubuh melalui sirkulasi darah. Jumlah zat besi yang cukup dalam tubuh dapat mencegah terjadinya anemia yang disebabkan kekurangan zat besi.

Menunjang Metabolisme Tubuh

Kolang-kaling dipercaya memiliki kandungan berbagai mineral, di antaranya zat besi, zink, kalium dan kalsium. Berbagai mineral tersebut bermanfaat dalam membantu proses metabolisme yang berlangsung di dalam sel-sel tubuh. Sehingga mengonsumsi kolang-kaling, tubuh akan memiliki jumlah energi serta kebugaran yang cukup untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Membantu Proses Diet

Kolang-kaling juga bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu yang sedang diet, Ladies. Kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral di dalamnya sangat baik membantu program diet kamu. Bahkan ada kandungan gelatin dalam kolang-kaling yang mempercepat rasa kenyang dan menghentikan nafsu makan. Cocok banget untuk menghentikan kebiasaan ngemil agar program diet lebih sukses.

Mengatasi Biang Keringat dan Cacar Air

Buah ini disebut-sebut dapat mengatasi biang keringat di musim panas. Lapisan tipis kolang-kaling yang dioleskan pada area biang keringat memiliki efek menenangkan gatal. Bahkan kolang-kaling juga efektif untuk mengurangi gejala cacar.

Kamu juga bisa menggunakan kolang-kaling sebagai alternatif selain lidah buaya. Kamu cukup mengoleskan sebutir kolang-kaling ke kulit yang kemerahan atau gatal karena panas, dan tak perlu khawatir karena kolang-kaling aman untuk kulit sensitif.

Namun berbagai macam manfaat kolang-kaling untuk kesehatan diatas tidak akan maksimal jika kamu mengolahnya dengan asal-asalan. Kamu juga tidak boleh mengonsumsinya dengan berlebihan karena malah bisa berdampak pada kesehatan nantinya.

Apalagi kolang-kaling sering dikombinasikan dengan berbagai makanan manis yang bisa menyebabkan obesitas dan penyakit lainnya. Jadi konsumsilah kolang-kaling secukupnya untuk mendapatkan manfaatnya.

0 Comments