Makanlah 3 Buah Kurma Dalam Sehari Selama Ramadhan

Kurma tumbuh di daerah kering seperti gurun dan sekitar oasis, kurma populer di Timur Tengah, terutama ketika umat Islam berbuka puasa selama Ramadhan.

Buah yang telah dibudidayakan sejak kuno ini, telah tumbuh subur selama ribuan tahun di wilayah dataran Timur Tengah tetapi kini mulai banayk negara lain yang membudiyakan di negara mereka.

Tidak hanya enak; Kurma juga dipenuhi dengan beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa.

Entah itu untuk dimakan langsung atau dimasukkan dalam resep makanan penutup, minuman kocok, atau hidangan gurih, kuram sangat cocok untuk segala kondisi.

Tapi pernahkah bertanya kira-kira apa saja yang akan terjadi pada tubuh jika kita mengkonsumsi kurma paling tidak 3 butir sehari?

Khusunya karena saat ini bulan suci Ramadhan 1442 H, kita semakin mudah menemukan Kurma di pasaran.

Selain itu Kurma yang identik dengan bulan Ramadhan juga sangatlah diburu untuk dikonsumsi.

Inilah yang terjadi pda tubuh jika kita rutin makan kurma

Kesehatan tulang akan meningkat

Menurut Julie Garden-Robinson, Ph.D., L.R.D., seorang profesor North Dakota State University, kurma mengandung boron, yang meningkatkan kesehatan tulang.

Studi lain menunjukkan bahwa mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium, yang ditemukan dalam buah-buahan kering, memperkuat tulang kita dan melawan penyakit seperti osteoporosis.

Kesehatan pencernaan akan meningkat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kurma kaya akan serat dan sistem pencernaan kita membutuhkan serat untuk beroperasi dengan baik.

Asupan serat mencegah sembelit dan mendorong buang air besar secara teratur.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kurma secara teratur memiliki sistem pencernaan yang bekerja lebih baik daripada mereka yang tidak.

Membantu melawan stres dan depresi

Kurma mengandung Vitamin B6, yang telah terbukti membantu tubuh memproduksi serotonin dan norepinefrin, yang meningkatkan kesehatan otak Anda.

Serotonin mengatur suasana hati Anda, sementara norepinefrin melawan stres. Lebih lanjut, penelitian ini menunjukkan bahwa kadar vitamin B6 yang rendah terkait dengan depresi.

Semakin banyak Vitamin B6 yang kita konsumsi, semakin baik perasaan kita tidak hanya secara fisik, tapi juga mental.

Meningkatkan energi

Kurma kaya serat, kalium, magnesium, vitamin, dan antioksidan yang menjadikannya camilan yang sempurna.

Kurma bisa meningkatkan energi tubuh secara alami yang bertahan lama berkat kandungan gula didalamnya seperti fruktosa dan glukosa.

Selain itu, menurut sebuah penelitian, buah ini tidak hanya meningkatkan energi Anda, tetapi buah ini juga membantu Anda memperolehnya kembali dengan cepat setelah melakukan sesuatu yang melelahkan seperti berolahraga.

Dapat mencegah penyakit jantung

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa kurma mengurangi kadar trigliserida dan mengurangi stres oksidatif, yang keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung dan aterogenesis.

Selain itu, buah ini kaya akan kalium, yang menurut penelitian dapat menurunkan tekanan darah dan risiko stroke, serta penyakit terkait jantung lainnya.

Mengurangi risiko kanker usus besar

Kurma melindungi sistem pencernaan dan usus kita dari bakteri berbahaya sehingga mengurangi risiko penyebarannya ke usus besar.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Department of Food and Nutritional Sciences menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kurma secara teratur meningkatkan pertumbuhan jenis bakteri baik yang melindungi kita dari pertumbuhan sel kanker di usus besar.

Meredakan gejala alergi musiman

SAR atau Rhinitis Alergi Musiman memengaruhi lebih dari 30 juta orang di Amerika Serikat saja, tetapi untungnya, kurma memiliki efek positif.

Studi lain menunjukkan bahwa kurma efektif mengurangi beberapa penanda peradangan pada pasien SAR.

Membantu menurunkan berat badan

Kurma juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Kurma memiliki serat, tetapi serat ini membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama dan mencegah lonjakan glukosa darah.

Selain itu, kurma mengandung antioksidan seperti antosianin, fenolat, dan karotenoid.

Yang mana memiliki fungsi untuk membersihkan tubuh kita dari racun, meningkatkan pencernaan, dan meningkatkan metabolisme, yang menyebabkan penurunan berat badan.

Memperkuat sistem saraf

Kurma sangat kaya akan sarat dan kalium, namun mengandung sedikit natrium, dan itu sangat membantu menjaga sistem saraf Anda tetap sehat.

Kalium juga membantu mengurangi kolesterol, dan menjaga risiko stroke tetap terkendali.

Meningkatkan kualitas kulit

Vitamin C dan D bekerja pada elastisitas kulit Anda, dan juga menjaga kulit Anda tetap halus.

Selain itu, jika Anda menderita masalah kulit, memasukkan kurma ke dalam makanan Anda dapat membantu Anda dalam jangka panjang.

Kurma plus juga memiliki manfaat anti-penuaan, dan mencegah penumpukan melanin di tubuh Anda. (Portaljember)

0 Comments