Deretan Makanan Penambah Stamina Saat Berpuasa

Stamina sangat dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap fit terlebih di bulan puasa ini.

Saat mengawalai puasa diperluka makanan yang dapat menjaga stamina. Namun perlu diingat juga ada beberapa makanan yang hanya memberikan stamina sesaat, ada juga yang menambah stamina dengan efek yang bertahan lama.

Berikut makanan yang dapat menambah stamina untuk mengawali berpuasa.

Pisang

Buah dengan nama ilmia Musa ini dapat menjadi menu tambahan untuk sahur atau berbuka. Buah yang kaya serat ini dapat membantu menjaga stamina tubuh saat berpuasa.

Sebuah penelitian menunjukkan pisang dapat membantu altlet bersepeda lebih lama dengan trek yang panjang.

Pisang yang kaya akan kandungan karbohidrat, kalium dan vitamin B6 ini dapat membantu meningkatkan energi dalam tubuh.

Alpukat

Buah dengan nama ilmiah Persea Americana merupakan buah serba guna yang manfaatnya bisa dinikmati dalam segala suasana.

Alpukat bisa menjadi makanan penambah stamina, karena mengandung nutrisi, serat, dan protein yang bisa memberikan tenaga lebih lama. Apalagi, alpukat mengandung lemak baik yang bisa meningkatkan energi tubuh Anda.

Kandugan vitamin B1 dalam alpukat juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Buah yang bertekstur lembut ini juga menjadi salah satu sumber zat besi nabati yang bisa menigkatkan aliran oksigen untuk mejaga tingkat energi dan kulit tetap cerah.

Ikan

Ikan bisa menjadi menu alternatif atau tambahan saat sahur di bulan puasa. Kandungan protein dalam ikan dapat menambah stamina. Selain itu ikan juga mengandung vitamin B, yang bisa membuat tenaga kita tahan lama seharian.

Ikan seperti salmon, sarden, dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang bisa meningkatkan fungsi otak dan meredakan peradangan sehingga rasa lelah pun dapat berkurang.

Ikan Salmon dan tuna juga tinggi akan vitamin B12. Kombinasi protein, asam lemak omega-3, dan vitamin B12 ini dapat meningkatkan produksi energi di dalam tubuh.

Telur

Karena mengandung protein yang banyak, telur tidak menyebabkan peningkatan gula darah dan insulin. Itulah sebabnya, telur bisa menjadi makanan penambah stamina.

Apalagi, telur mengandung asam amino bernama leusin yang mampu mendongkrak stamina.

Yogurt

Karbohidrat yang dikandung yogurt datang dalam bentuk gula (laktosa dan galaktosa).

Saat dipecah dalam tubuh, keduanya bisa menyuplai stamina dan energi untuk tubuh. Oleh karena itu, yogurt bisa menjadi makanan penambah stamina instan.

0 Comments